Rabu, 18 Mei 2011

WIG -Waktu Indonesia Bagian Galau-

Sekarang memasuki Waktu Indonesia bagian Galau. Mari Galau.

Comfort Zone.

Dua kata itu akhir-akhir ini sering terngiang-ngiang di kepala gue. Apa sih sebenernya comfort zone itu? Apakah sekarang gue sudah berada di comfort zone gue? Atau justru gue jauh di luar itu? Atau mugkin memang gue pengen keluar dari comfort zone gue?

Akhir-akhir ini gue semakin ragu sama sebenernya mau jadi apa gue nantinya. Tujuan kedepannya. Masih ngawang. Banget. Padahal jalannya waktu tuh nggak kerasa banget. Mungkin kemaren-kemaren gue masih bisa menunda untuk mikirin masa depan : "ah, ntar aja deh masih lama ini kerja nya" "baru juga masuk kuliah" dst dst. Itu gue ucapin 3 taun yang lalu begitu gue mulai masuk kuliah dan pada kenyataan nya sampe sekarang perkerjaan gue yang tertunda itu masih belom selesai gue kerjain juga. Ketika lo jadi anak pertama yang diharapkan bisa jadi pengganti peran orang tua untuk adek lo nanti nya, gue cuma kelamaan stress nya tapi ga pernah maju maju jalannya. Mungkin sekarang gue lagi nyoba nyari apa sebenernya yang gue mau. Dan akhir akhir ini gue punya kesimpulan seperti ini :
"Gue sekarang emang kuliah di fakultas kedokteran gigi, tapi gue pengen jadi fotografer, wartawan, magazine editor, atau orang yang kerja di bidang broadcast."
"Gue pengen bikin seneng orang tua gue"
"Orang tua gue seneng kalo gue bisa lulus beneran jadi dokter gigi"
"Gue bingung"

Dibilang salah jurusan kuliah yaaa mungkin iya, tapi yang milih masuk ke sok sok an mau jadi calon dokter gigi ya gue juga. Dan disaat orang orang cenderung nyari yang bisa disalahin disaat bingung atau ketakutan atau kaget, gue ga bisa make tameng orang lain karena dari awal ini emang pilihan gue sendiri. Dengan kata kata diplomatis untuk menghibur diri sendiri "kalo lo nggak salah jurusan belom tentu lo bener-bener tau apa yang lo mau" mungkin emang gini dulu kali ya jalannya. Nyasar dulu, baru tau jalan yang bener. Tapi apa jalan yang menurut gue bener itu bener juga buat orang-orang di sekitar gue? Ga bisa dipungkiri walaupun sebulat-bulat nya tekad gue untuk ga nerusin jadi dokter gigi, pasti ntar ada pandangan-pandangan yang gimanaaaa gitu dari orang-orang sekitar gue. Gue sih mungkin bisa cuek aja, tapi nyokap bokap gue? adek gue? bisa nggak cuek kalo begitu. Kerjaan yang gue ambil sekarang mudah-mudah an banget bisa jadi batu loncatan buat kedepannya. Seenggak nya gue udah punya bekal untuk ngerasain dunia kerja itu gimana, rasanya dimarahin bos itu gimana, rasanya gajian dari hasil keringet sendiri itu gimana. Oh iya, gue mau share sedikit deh tentang kerjaan gue sebagai wartawan di salah satu koran di jogja. Disana gue masuk ke kru rubrik anak muda gitu yang ngurusin berita seputar anak-anak sekolah, gaya yang lagi nge trend sekarang apa, acara-acara yang lagi hip sekarang apa, dan kegiatan-kegiatan seru tiap sekolah itu apa aja. Gue sangat enjoy kerja disana, well at least sampe sekarang gue masih bisa tahan. Menurut gue kerjaan itu kesempatan. Apalagi buat mahasiswa yang mau belok jurusan kaya gue. Gue jadi punya bekel, jadi punya pegangan, pengalaman dan alhamdulillah dari hobi bisa jadi rezeki. Kelancaran gue di kantor dan di kerjaan gue berbanding terbalik sama kuliah gue. Bahkan sebelum gue nyambi kerja pun kuliah gue udah ga tau deh. Egoisme gue mungkin terlalu tinggi jaid otak gue ke push untuk ga mau nerima sebagian besar yang dikuliahin. Dari awal gue udah bilang ga cocok, keburu bebel. Mungkin kalo dari awal gue enjoy cerita nya ga kaya gini kali ya. Tapi susah banget buat gue untuk enjoy di tengah tekanan hati sama otak gue yang kali ini kerjasama dan bilang bahwa gue emang ga cocok di bidang ini. Well, kalo mau pindah juga nanggung udah semester akhir-akhir. Yang penting gimana caranya manfaatin pengalaman gue yang sedikit untuk bisa terus nambah dan bisa kepake buat apapun kerjaan gue nanti nya.

"If I could turn back the time. I wouldn't change anything because the mistake I made is what I called 'Life'. And by the way, being perfect is sucks"

2 komentar: