Minggu, 30 Oktober 2011

Kuliah Kerja Nyata

YES. Kuliah Kerja Nyata a.k.a KKN emang selalu punya cerita tersendiri buat yang pernah ngalamin. Karena tinggal bareng selama 1,5 bulan di suatu desa jadi bagian dari warga itu emang ga gampang dan ngasih kita banyak pembelajaran :) Okay, now let me tell you the story...
Bersama 23 orang lainnya gue KKN di daerah Turi,Sleman,Yogyakarta. Disana, 1 unit kita yang terdiri dari 24 orang itu dibagi lagi jadi 4 subunit yang masing-masing unitnya diisi 6 orang, dan gue, Devi, Basra, Jerry, Aldi, Willy masuk ke subunit 4 di rumah nya Bapak Margino dan Ibu Nani yang super baik hati :')
Hari-hari awal KKN itu mungkin bisa dibilang datar dan bikin homesick *padahal tinggal naik motor bentar udah sampe jogja* bingung mau ngapain karena ternyata program yang awalnya udah dirancang sesuai survey ke penduduk semua dipentalin sama bapak RT dan RW setempat, jadi mau ga mau harus ngerancang program dari awal lagi (pusing ga lo?) oke, tapi terlepas dari tetek bengek program, disini, bersama 23 orang yang lain, gue belajar mengenal karakter masing-masing. Karena sebernya kan di unit kita emang rata-rata pada baru kenal ya pas kkn ini. Dan mungkin yang paling berasa ya proses perkenalan dalam satu sub unit karena itulah temen-temen tinggal bareng kita mulai dari bangun tidur sampe tidur lagi. Nah, di sub unit gue ada yang unik nih, karena biasanya satu sub unit itu tinggal serumah, sedangkan sub unit gue menempati dua rumah yang letaknya bersebelahan. Seperti yang gue bilang diatas tadi gue dan Devi tinggal di rumah Bapak Margino sedangkan yang cowok-cowok nya tinggal di sebelah, rumah adik nya Pak Margino. Kita tinggal misah karena masing-masing rumah cuma punya 1 kamar kosong. Sub Unit 4 ini terdiri dari orang-orang pasrah. Kenapa? karena pas waktu pembagian sub unit kan bisa milih mau tinggal dimana sama siapa. Nah, orang-orang yang jawabannya terserah dan manut dimasukkin lah ke sub unit 4 hahaha. Tapi ternyata, justru sub unit 4 yang mungkin menurut gue paling berkesan selama kkn ini. Kita, di sub unit 4 bisa dibilang sangat beruntung. Karena dari segi tempat tinggal dan makan selama kkn ini jatohnya jadi jauh lebih makmur ketimbang pas di kosan. Tidur enak, makan terjamin 3 kali sehari, kamar mandi nya juga bersih. Alhasil terjadilah proses penggemukan masal. hehehe. Ini dia penampakan dari sub unit 4 bersama Bapak margino sekeluarga :


Sub Unit 4
Kiri ke kanan: (Mas Bowo,Jerry,Bu Nani,Willy,Pak Margino,Aldi,Mba Leni,Basra,Devi,Nina)


Banyak banget cerita-cerita yang muncul dari orang-orang ini tapi ga mungkin juga gue ceritain satu-satu karena bakal panjang banget hahaha. Dan mungkin daripada gue nulis banyak, Foto akan lebih berbicara haha.


Masak rame-rame


Nah, untuk kkn ini, kegiatanbanyak yang dipusatkan di SD Banyuurip 2, mulai dari penyuluhan, sikat gigi masal, rombak uks, bikin kantin, dan masih banyak lagi. Ini sebagian foto-fotonya :)

Bongkar UKS
Sikat Gigi Masal


Penyuluhan

Ini pas 17 an. Yang nyanyi namanya Cindy, Lucu Banget :))

Nah, kalo foto-foto yang abis ini mau gue share, itu pas 17 an yang di lapangan desa nya, buat anak-anak warga desa 




Ini waktu lomba sepeda hias. Kostumnya lucu-lucu :)


Ini yang lucu banget, naik sepeda nya pake helm dihias daun hahaha gemesss :))


Daaann masih banyaaakk lagi foto-foto lain dan cerita yang lain lagi pastinya, tapi ga mungkin diceritain semua disini juga :)
Nah, langsung berangcut ke hari-hari terakhir kkn nih, pas program-program udah selesai dikerjain, saatnya pertempuran selanjutnya dimulai yaitu..........bikin laporan!! cuma dua kata yang bisa menggambarkan proses pembuatan laporan kkn: Ribet Cuy! hahaha. Ketika laporan udah selesai, semua udah selesai, sampe lah kita ke hari terakhir KKN. Bu nani sengaja masakin banyak banget dan spesial buat kita karena itu hari terakhir kita disana :'( suasana nya udah sendu banget waktu itu, ga tau deh bu nani udah nangis berapa kali, sampe akhirnya, selesai makan, kita pamitan secara resmi ke Pak margino sekeluarga. Semua langsung pada nangis disitu, hiks hiks... Gimana nggak, udah hampir 2 bulan tinggal bareng-bareng udah kaya keluarga sendiri.. Yang paling berkesan di gue adalah kebersamaan kita di sub unit 4 sama Pak margino dan Bu nani sekeluarga yang luar biasa baik udah mau ngurus kita, udah mau di tumpangin rumah nya dan direpotin, Bu nani udah kaya ibu sendiri buat kita :") 
KKN emang berkesan banget buat gue, karena disini gue belajar mengenal karakter orang-orang dan bagaimana menyesuaikan diri belajar jadi bagian masyarakat desa yang memang berbeda dari kehidupan sehari-hari gue. Kalo ditanya gue mau kkn lagi apa nggak, jawabannya pasti nggak. hahaha. Tapi kenangan yang udah ada selama kkn ini pasti ga bakal gue lupain :))


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar